Friday, January 10, 2014

Orang Tua Pendidik Utama


Orang tua adalah pendidik utama, pertama, dan terbaik untuk anak. Sebaik apapun pendidikan di luar, tidak akan dapat menggantikan peran orang tua sebagai pengasuh sekaligus pendidik bagi anak. Jika anak diberi gizi yang cukup, limpahan kasih sayang serta kesempatan bermain sambil belajar, maka pertumbuhan dan perkembangannya akan optimal. Orangtua juga merupakan tokoh utama yang dapat menjadi teladan bagi anak. Karena rumah dan keluarga adalah yang paling bertanggung jawab dalam membentuk anak sesuai harapan.
Tips Praktis
·      Orang tua hendaknya selalu menciptakan dan menempatkan anak pada lingkungan yang kondusif sesuai dengan karakter yang diharapkan. Orang tua yang ingin anaknya selalu menjaga kebersihan, harus senantiasa menciptakan lingkungan yang bersih dan membiasakan anak berperan serta untuk menjaga kebersihan. Orang tua yang ingin anaknya berbudi pekerti halus tak perlu berbicara dengan cara berteriak pada anaknya. Demikian pula untuk hal-hal lain yang diharapkan oleh orang tua pada anaknya.
·      Apapun kesibukan dan kondisi orang tua pendidikan dan pengasuhan anak harus menjadi perhatian utama.
·      Orang tua dapat menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang baik agar anak dapat tumbuh sebagai pribadi yang berakhlak mulia sebagaimana harapan orang tua.

No comments:

Post a Comment