Saturday, December 28, 2013

Pesan Moral dalam Cerita



Pesan Moral Dalam Cerita
Cerita bergambar (cergam) pada umumnya mengandung satu atau lebih pesan moral seperti kepedulian dan empati, kerja sama, kejujuran, keberanian, tolong-menolong, rasa bangga, sikap respek, toleransi, tanggung jawab, menjadi diri sendiri, menghargai perbedaan. Pesan moral tersebut tidak secara eksplisit  tertulis dalam buku tetapi tersirat dalam jalinan cerita, misal melalui si tokoh dan  kejadian-kejadian yang dialaminya serta cara sang tokoh menyikapi kejadian yang dialaminya. Pesan moral dalam cerita ini sangat bermanfaat dalam membentuk karakter anak, karena pada umumnya anak cenderung meniru serta menyelami cerita yang dibacanya. Penulis yang lihai mampu membuat pesan moral tersebut tersembunyi dan tidak menggurui sehingga tanpa sadar dapat tertanam dalam jiwa anak.
Berikut beberapa contoh pesan moral yang dapat dikembangkan dalam cerita bergambar.
a.       Kepedulian Dan Empati
Kita menanggapi perasaan, pikiran, dan pengalaman orang lain secara alami merasakan kepedulian terhadap sesama berupaya mengenali pribadi orang lain dan keinginan membantu orang lain yang sedang dalam keadaan susah. Melalui empati kita mencoba mengenali rasa kemanusiaan kita sendiri terhadap orang lain.

Puasa itu belajar merasakan lapar dan susahnya orang lain,
sehingga timbul rasa peduli tehadap sesama.


b.      Kerjasama
Kerjasama adalah menggabungkan tenaga kita dengan tenaga orang lain untuk bekerja demi mencapai tujuan umum. Melalui kerjasama, kita dapat menyelesaikan tugas dengan baik, lebih cepat, lebih mudah daripada jika bekerja sendiri, ditambah pula kegembiraan setiap orang karena bisa berbagi pekerjaan.


Kerja sama yang dicontohkan keluarga semut

 c.       Berani
Sikap berani memungkinkan kita menghadapi kesulitan, bahaya, atau sakit dengan cara yang membuat kita dapat mengendalikan situasi. Kita dapat membangun sikap berani dengan mengenali sesuatu yang menakutkan atau menantang kita dan kemudian memikirkan strategi untuk menghadapinya.
d.      Komitmen dan Keteguhan Hati
Komitmen membuat kita bertahan dalam mencapai cita-cita, pekerjaan kita, dan dengan orang lain. Komitmen merupakan janji kita yang kita pegang teguh terhadap keyakinan kita dan membuat kita memberi dukungan serta setia pada keluarga dan teman kita. Keteguhan hati dapat membuat kita dapat mencapai cita-cita.
e.       Adil
Untuk dapat bersikap adil, kita harus memperlakukan orang lain secara wajar dan dengan sikap tidak memihak, seperti kita ingin diperlakukan oleh mereka. Orang yang adil biasanya mempunyai pandangan yang jujur dalam kehidupan sehari-hari dan dalam situasi khusus.
f.       Suka Menolong
Suka menolong adalah kebiasaan menolong dan membantu orang lain. Kebiasaan ini juga merupakan sesuatu yang dapat ditanamkan dengan selalu siap mengulurkan tangan dan selalu aktif mencari kesempatan untuk menyumbang.
g.      Kejujuran dan Integritas
Kita telah bersikap jujur ketika kita berbicara tidak bohong dan memperlakukan orang lain secara adil. Kita mempunyai integritas ketika kita jujur dengan diri kita sendiri dan berpegang teguh pada nilai-nilai moral kita sendiri.
h.      Humor
Humor dapat membuat cerah kehidupan kita sehari-hari karena kita tersenyum pada saat kita senang, tertawa pada sesuatu yang menggelikan, dan tertawa kecil pada saat yang menertawakan. Humor adalah kemampuan kita untuk merasakan dan menanggapi komedi dalam dunia kita dan dalam diri sendiri.
i.        Percaya Diri dan Mandiri
Percaya diri, membuat kita dapat menjalani jalan hidup kita sendiri di dunia, mempertimbangakan pilihan kita dan membuat kepuusan kita sendiri. Aplikasinya pada anak dengan cara memotivasi agar potensi anak dapat tumbuh, sehingga anak mau dan bisa melakukan sesuatu yang bisa dilakukan orang lain. Misalnya dengan menanamkan motto: “kalau orang lain bisa melakukannya, saya juga harus bisa”.

Percaya diri membuat orang jadi mandiri, yaitu kebebasan untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri.


Siput yang percaya diri berani melawan kelinci dalam lomba lari

j.        Loyalitas
Suatu sikap yang menunjukkan untuk tetap komitmen kepada teman atau keluarga atau pada kelompok tertentu dalam keadaan sulit sekali pun.
k.      Sabar
Tahan menghadapi cobaan (tidak mudah patah hati, tidak lekas marah, tidak gaampang putus asa) ------> tabah. Tidak lekas menyerah menghadapi kegagalan.

l.        Rasa Bangga
Adalah perasaan yang kita punya dalam menghargai diri sendiri, misalnya rasa senang ketika kita mencapai tujuan yang sulit, menyelesaikan tugas yang menantang, dan mendapatkan sesutau yang kita inginkan.
m.    Banyak Akal/Berguna
Kemampuan untuk berpikir secara kreatif tentang metode dan sarana yang berbeda dalam mengahadapi situasi yang baru dan sulit. Banyak akal memaksa kita untuk menggunakan imajinasi, pertimbangan dalam memecahkan suatu masalah. Anak seperti ini akan sering dimintai tolong teman-temannya membantu menyelesaikan masalah mereka.
n.      Sikap Respek
Adalah sikap menghormati, menghargai, mengagumi, sikap sopan dan memperlakukan dengan baik terhadap orang tertentu (secara khusus).
o.      Tanggung Jawab
Suatu keadaan yang mewajibkan kita untuk menanggung segalanya sebagai akibat dari perbuatan kita atau perbuatan orang lain yang di bawah pengawasan kita. Rasa tanggungjawab ini berkaitan dengan dapat dipercaya atau dapat diandalkan.
p.      Toleransi
Sikap bisa menerima dan menghargai perbedaan pendapat, kepercayaan, penampilan dari orang lain. Caranya: bersikap adil dan berperilaku objektif terhadap orang lain.
q.      Menjadi Diri Sendiri
Suatu sikap untuk tidak menirukan tabiat orang lain. Misalkan: penampilannya, gaya hidupnya, gaya bicaranya, maupun tingkah lakunya.
Hal ini berkaitan dengan prinsip hidup. Orang yang mempunyai prinsip dalam menjalani kehidupan, tentu tidak mudah terombang-ambing oleh keadaan di sekitarnya.
r.        Menghargai Perbedaan
Sikap menghormati orang lain karena perbedaan kondisi; misalkan menghormati orang yang lebih tua/muda, menghormati orang yang lebih miskin, menghormati orang cacat, menghormati orang yang lebih rendah pendidikannya dari kita.


No comments:

Post a Comment