Thursday, January 23, 2014

MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENUNJANG PROFESIONALITAS PENDIDIK




Abad XXI dikenal sebagai abad globalisasi dan teknologi informasi. Perubahan yang sangat cepat dalam segala bidang merupakan fakta dalam kehidupan.  Siapa yang tak berubah pasti akan tertinggal.
Perkembangan teknologi dan informasi membawa perubahan yang sangat besar dalam bidang pendidikan. Guru bukan lagi sebagai satu-satunya sumber ilmu atau pentransfer ilmu pengetahuan. Anak dapat mengakses pengetahuan dengan mudah dari berbagai media, seperti internet. Mau tak mau guru harus dapat mengikuti perkembangan teknologi informasi bila tak ingin tertinggal dari anak didiknya.
Sebagai seorang profesional yang berada di ujung tombak pendidikan, guru harus selalu mengikuti perkembangan jaman. Pada era teknologi informasi dan komunikasi, guru dituntut untuk memahami dan memanfaatkannya. Dengan kompetensi yang dimilikinya, guru diharapkan mampu mengendalikan teknologi informasi untuk hal-hal yang bermanfaat dalam pendidikan. Pengendalian ini diharapkan juga dapat menghindarkan pemanfaatan teknologi yang kurang bermanfaat/negatif oleh anak.  Pemanfatan TIK dalam pembelajaran menjadi sangat penting sehingga siswa disibukkan dengan eksplorasi subjek positif dalam penggunaan TIK. Bentuk nyatanya dapat berupa penugasan pencarian artikel, sumber bacaan, atau pengiriman tugas (PR) melalui e-mail.
Perkembangan Teknologi dan Informasi, terutama adanya komputer dan internet dapat menunjang profesionalitas dan kinerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Berikut ini beberapa contoh pemanfaatan computer dan internet yang dapat dilakukan oleh guru  untuk meningkatkan profesionalitasnya sebagai seorang pendidik.
·               Sumber Informasi          : menemukan berbagai informasi terkait pendidikan; memperkaya pengetahuan dan wawasan;  mengumpulkan berbagai data, foto, gambar, filem, untuk mengembangkan konsep dan materi pembelajaran; mengumpulkan data untuk pembuatan karya tulis pendidikan; semua itu dapat diunduh dengan mudah melalui internet.
·               Pengolah data    : computer memungkinkan seorang pendidik untuk mengolah berbagai data menjadi sumber dan media pembelajaran yang menarik; mengolah data penilaian dan analisis pembelajaran; penyusunan karya tulis; dsb.
·               Penyimpan data : menyimpan berbagai data penting terkait kegaitan belajar mengajar, penilaian, portofolio siswa dan guru.
·               Presentasi           : sebagai media untuk mempresentasikan materi pembelajaran kepada anak didik. T I K berbasis computer mengandung berbagai presentasi audio fisual yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Presentasi multimedia yang didesain dengan menggunakan animasi, warna, suara, serta pengembangan materi pembelajaran melalui jaringan internet membantu menampilkan pembelajaran yang menarik secara auidio visual
·               Media Komunikasi   : melalui email, blog, web, facebook, dapat terjalin komunikasi  yang efektif antara guru dengan murid; dengan rekan seprofesi; stake holder pendidikan; dan masyarakat luas. (Zahra Haidar)

No comments:

Post a Comment