Abad
XXI dikenal sebagai abad globalisasi dan teknologi informasi. Perubahan yang
sangat cepat dalam segala bidang merupakan fakta dalam kehidupan. Siapa yang tak berubah pasti akan tertinggal.
Perkembangan teknologi dan informasi membawa perubahan
yang sangat besar dalam bidang pendidikan. Guru bukan lagi sebagai satu-satunya
sumber ilmu atau pentransfer ilmu pengetahuan. Anak dapat mengakses pengetahuan
dengan mudah dari berbagai media, seperti internet. Mau tak mau guru harus
dapat mengikuti perkembangan teknologi informasi bila tak ingin tertinggal dari
anak didiknya.
Sebagai seorang profesional yang berada di
ujung tombak pendidikan, guru harus selalu mengikuti perkembangan jaman. Pada
era teknologi informasi dan komunikasi, guru dituntut untuk memahami dan
memanfaatkannya. Dengan kompetensi yang dimilikinya, guru diharapkan mampu
mengendalikan teknologi informasi untuk hal-hal yang bermanfaat dalam
pendidikan. Pengendalian ini diharapkan juga dapat menghindarkan pemanfaatan
teknologi yang kurang bermanfaat/negatif oleh anak. Pemanfatan TIK dalam pembelajaran menjadi
sangat penting sehingga siswa disibukkan dengan eksplorasi subjek positif dalam
penggunaan TIK. Bentuk nyatanya dapat berupa penugasan pencarian artikel, sumber
bacaan, atau pengiriman tugas (PR) melalui e-mail.
Perkembangan Teknologi dan Informasi,
terutama adanya komputer dan internet dapat menunjang profesionalitas dan
kinerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Berikut ini beberapa contoh
pemanfaatan computer dan internet yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan profesionalitasnya sebagai
seorang pendidik.
·
Sumber Informasi : menemukan berbagai informasi terkait pendidikan;
memperkaya pengetahuan dan wawasan;
mengumpulkan berbagai data, foto, gambar, filem, untuk mengembangkan
konsep dan materi pembelajaran; mengumpulkan data untuk pembuatan karya tulis
pendidikan; semua itu dapat diunduh dengan mudah melalui internet.
·
Pengolah data :
computer memungkinkan seorang pendidik untuk mengolah berbagai data menjadi
sumber dan media pembelajaran yang menarik; mengolah data penilaian dan
analisis pembelajaran; penyusunan karya tulis; dsb.
·
Penyimpan data : menyimpan berbagai data penting terkait kegaitan belajar mengajar,
penilaian, portofolio siswa dan guru.
·
Presentasi : sebagai media untuk mempresentasikan
materi pembelajaran kepada anak didik. T I K berbasis computer mengandung
berbagai presentasi audio fisual yang dapat dimanfaatkan sebagai media
pembelajaran. Presentasi multimedia yang didesain dengan menggunakan animasi,
warna, suara, serta pengembangan materi pembelajaran melalui jaringan internet
membantu menampilkan pembelajaran yang menarik secara auidio visual
·
Media Komunikasi : melalui email, blog, web, facebook, dapat terjalin
komunikasi yang efektif antara guru
dengan murid; dengan rekan seprofesi; stake holder pendidikan; dan masyarakat
luas. (Zahra Haidar)
No comments:
Post a Comment